DPLK : alternatif investasi untuk masa tua anda

Pada hari Jum'at minggu kemarin, selesai sholat jum'at di masjid sekitar kantor, saya bertemu dengan kawan lama saya. Setelah berbincang cukup lama saya baru tahu kalau saat ini ia bekerja disebuah lembaga perbankan syari'ah. Akhirnya, dengan sedikit malu ia menawarkan sebuah produk investasti untuk masa tua kepada saya. DPLK namanya.

hemm...kayaknya menarik.hingga akhirnya saya bertanya lebih jauh kepada teman saya itu mengenai kelebihan serta prospek rencana investasi yang ia maksud. Langsung saja teman saya itu menjelaskan semuanya kepada saya dengan penuh semangat.:) Dan akhirnya saya pun tertarik (ditambah mungkin karena teman saya itu pintar mempengaruhi..hehehehe..) kamipun sepakat minggu depan kami janjian bertemu lagi dikantornya.

Apakah DPLK itu ?
DPLK merupakan singkatan dari Dana Pensiun Lembaga keuangan, yaitu lembaga yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perusahaan/pemberi kerja maupun perorangan.
  1. Program Pensiun DPLK dapat diikuti oleh karyawan, baik secara kumpulan/perusahaan maupun perorangan.


  • Program Pensiun DPLK diperlukan sebagai fasilitas jaminan hari tua karyawan.




  • Melalui program pensiun DPLK, keinginan karyawan untuk mewujudkan pensiun yang sejahtera lebih mudah dicapai. 




  • Dapat membantu perusahaan/pemberi kerja dalam meraih sukses tujuan bisnisnya karena kehadiran program ini dapat memacu loyalitas dan produktivitas karyawan dalam bekerja.




  • Keuntungan mengikuti Program Pensiun DPLK
    1. Keuntungan Pemberi Kerja/Perusahaan :
      1. Dapat melaksanakan program pensiun, tanpa mendirikan dana pensiun sendiri.
      2. Iuran Perusahaan untuk karyawan dianggap sebagai biaya sehingga mengurangi Pajak Penghasilan Badan (PPh 25).
      3. Besarnya iuran bersifat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan/pemberi kerja
      4. Menjadi daya tarik untuk mempertahankan dan merekrut karyawan berkualitas





  • Keuntungan Karyawan:
    1. Iuran dibukukan langsung atas nama rekening karyawan.
    2. Iuran karyawan menjadi faktor pengurang Pajak Penghasilan (PPh 21).
    3. Iuran dapat dipotong langsung dari gaji karyawan.
    4. Dapat memilih arahan investasi sesuai dengan keinginannya.
    5. Memperoleh manfaat pensiun bulanan tetap di saat pensiun sehingga penghasilan bulanan/kesejahteraan hidup di hari tua terjamin.
    6. Hasil investasi tidak dikenakan pajak.







  • Bagaimana Program Pensiun DPLK dapat dilaksanakan ?

    • Program Pensiun DPLK dapat dilaksanakan dengan membayar iuran/kontribusi kepesertaan.




     

  • Iuran/kontribusi DPLK diperoleh dengan cara 100% diberikan oleh karyawan, atau 100% dibayarkan oleh perusahaan, dan atau gabungan iuran/kontribusi dari karyawan dan perusahaan.





  • Besarnya iuran/kontribusi DPLK bersifat fleksibel, dapat disesuaikan dengan kemampuan perusahaan dan atau karyawan.




  • Dalam kasus saya... saya ikut Program DPLK dari Bank Muamalat, kenapa saya memilih DPLK Muamalat..? tentu saja karena teman saya tadi.hehehe dan pula banyak fleksibiltas yang bisa saya peroleh seperti bisa auto debet dari rekening saya (dengan syarat saya harus punya rekening di bank Muamalat), bisa cek saldo secara online dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui, selain bank Muamalat, ada banyak pilihan program DPLK yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lainyya dengan segala kelebihannya dan keputusan ada ditangan anda sepenuhnya.

    Apabila anda berminat untuk bergabung syaratnya sangat mudah, anda tinggal datang ke Bank  atau lembaga keuangan yang menawarkan program DPLK, sambil membawa :
    1. KTP atau indentitas diri lainya
    2. Kartu Keluarga.
    3. Buku Tabungan (jika anda ingin menggunakan fasilitas auto debet untuk membayar iuran).

    disana anda akan diminta untuk mengisi formulir keikutsertaan anda dalam program DPLK. ada 4 point penting yang harus anda perhatikan jika anda berminat berinvestasi seperti ini. yaitu :
    1. Besarnya iuran
    Tentukan besarnya iuran yang sesuai dengan kemampuan anda setiap bulan, kerena DPLK tidak seperti tabungan yang bisa diambil sewaktu-waktu. Jangan sampai besarnya iuran membebani kondisi keuangan anda

    2. Rencana penempatan investasi iuran anda
    Setiap program DPLK pasti mempunyai rencana penempatan investasi atas iuran anda. cari tahu bagaimana dana anda akan ditempatkan kemana, apakah digunakan untuk membeli obligasi, atau dalam bentuk deposito. tanyakan kepada petugas anda mengenai kelebihan dan prospeknya. 

    3. Lama Iuran / waktu jatuh tempo
    Tentukan lama iuran yang ingin anda capai atau batas waktu minimal anda bisa mengambil dana anda. sebagian besar program DPLK memberikan Batas waktu usia 45 tahun untuk anda bisa mendapatkan manfaat atas dana anda. 

    4. Tanggal pembayaran dan fasilitasnya.
    Tentukan kapan anda harus membayar iuran, dan fasilitas apa yang dapat anda gunakan untuk mempermudah pembayaran.

    Gunakan fasilitas simulasi untuk mengetahui manfaat dari iuran anda jika sudah jatuh tempo. 
    sebagai contoh bisa anda menggunakan simulasi DPLK dari bank Muamalat dibawah ini ;


    Intinya, selalu rencanakan masa depan anda, baik untuk diri sendiri maupun keluarga anda. dan pastikan, pilihlah yang terbaik yang sesuai dengan pribadi anda. Karena keputusan dan masa depan anda berada di tangan anda sendiri.

    semoga bermanfaat...