Jadikan hari ini lebih baik

Setiap dari kita pasti mempunyai masa lalu, hitam maupun putih, baik atau buruk, dan gelap meupun terang. Akan tetapi, apa yang telah terjadi tidak mungkin untuk diubah. Apa yang telah menjadi masa lalu, tidak mungkin dihadirkan kembali dalam lembaran hidup yang baru. Karena hidup tidak lebih ibarat rantai yang panjang. Setiap mata rantainya hanya hadir sekali dalam rentang usia kita. Waktu dan sejarah hidup yang telah kita lalui, telah pergi dan tidak akan mungkin untuk kembali. Kecuali sebuah kemiripan baru dan tidak mungkin sama persis.
Karenanya apa yang telah lewat dari seluruh perjalanan hidup kita, harus kita pandang dengan arif dan bijak. Hidup ini harus terus berjalan, diatas rel dan jalur kompetisi yang keras. Masa lalu tidak boleh menghanyutkan diri kita. Siapa yang hari kemarinnya lebih buruk, semestinya tidak putus asa dan tenggelam dalam kegalauan. Sementara yang hari kemarinnya lebih baik, jangan sampai hanya bernostalgia dengan masa lalu tanpa mau bergerak dan mencoba memperbaiki diri.

Kita tidak boleh berputus asa. Setiap kali pagi menjelang, hal pertama yang harus kita pancangkan dalam diri kita adalah deklarasi kebaikan. Bahwa hari ini haru lebih baik daripada hari kemarin. Maka tidak ada kata yang lebih penting dari bangkit. Kita haru bangun, bergegas dan bersegera membayar segala kesalahan-kesalahan dengan amal-amal kebaikan. Sudah menjadi kewajiban bagi orang-orang yang jauh dari kata sempurna seperti kita untuk menebus kesalahan-kesalahan masa lalu dengan ikhtiar kebaikan.

Dan...hidup pasti akan berakhir. Sepanjang apapun masa lalu kita. Dalam sisa umur kita, tiada upaya yang lebih indah selain selalu berusaha menjadikan hari ini lebih baik dari kemarin.