Mari Berbelanja Online...

Akhirnya barang yang saya tunggu datang juga. MP3 Palyer yang saya beli dari situs belanja online, sampai dirumah dengan selamat. Segera saja saya cek barang yang saya beli, ternyata sesuai dengan spesifikasi yang telah dijanjikan. Maka langsung saja hidupkan komputer dan menuju situsnya untuk mengkonfirmasi bahwa barang telah saya terima sambil tidak lupa memberikan sedikit testimoni.

Sebagai gambaran, saya membeli MP3 tersebut karena permintaan keponakan saya. Iseng-iseng saya mengajaknya mengunjungi sebuah situs belanja online dari China. Focal Price namanya. Kenapa..?? karena selain harganya yang cukup murah, juga bibas biaya pengiriman alias Free Shipping :) Akhirnya dengan sedikit dana yang ada di akun Paypal, saya membeli barang yang diminta keponakan saya itu. Selang 2 minggu (hari ini) barang yang saya beli datang juga:)
Internet memang memberikan banyak sekali kemudahan kepada kita. Apalagi bagi kita yang yang hendak berbisnis. Banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang dapat diperoleh dari internet kepada kita baik sebagai penjual maupun kita selaku pembeli.
Sebagai penjual kita bisa memanfaatkan internet untuk meperluas jaringan pemasaran dalam rangka pengembangan bisnisa kita. Dan bagi kita selaku pembeli, adanya teknoligi online memberikan kemudahan kita antara lain :
1. Kesempatan untuk memilih barang yang terbaik
Dengan adanya internet kita memberikan kesempatan kesempatan kepada kita selaku pembeli untuk melihat barang yang hendak kita beli dengan melakukan perbandingan-perbandingan atas brang yang sejenis.
2. Hemat waktu dan biaya.
Tak perlu mengunjungi setiap toko untuk melihat produk dan harga. Anda hanya cukup duduk di depan komputer untuk mencari barang yang sesuai dengan yang anda inginkan.

Namun, seperti halnya dunia nyata. Dunia online juga acap kali memberikan dampak negatif bagi orang-orang yang awam maupun tidak berhati-hati. Banyak juga para penjual online yang hanya bermaksud untuk menipu para pembelinya. Untuk itulah sebelum anda memutuskan untuk berbelanja secara online, ada baiknya ada juga memperhatikan hal-hal dibawah ini. Hanya sebagai informasi kepada anda agar tidak menjadi korban di dunia maya.
1.   Tentukan barang / jasa yang akan anda beli.
Banyak sekali barang / jasa yang ditawarkan di internet. Anda harus waspada, jangan mudah tergiur atas apa yang ditawarkanoleh penjual. Fokuslah atas barang yang akan anda beli. Bila perlu gunakan perbandingan produk untuk memberikan informasi yang jelas atas produk yang akan anda beli.
2. Kenali penjualnya.
Banyak sekali penjual di dunia maya. Kenali betul penjual anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang penjual anda. Anda bisa mencari di forum-forum jual beli maupun testimoni pembeli yang telah bertransaksi dengan penjual tersebut.
3. Lihat cara pembayaran dan pengirimannya
Penjual yang baik pasti akan memberikan keleluasaan kepada anda selaku pembeli untuk menentukan metode pembayaran atas transaksi yang anda lakukan. Jika anda berbelanja online dalam negeri, jikalau memungkinkan gunakan rekening bersama untuk melindungi anda selaku pembeli. Dan jika anda bertransaksi dengan penjual dariluar negeri, biasanya anda harus mempunyai rekening Paypal atau yang sejenisnya. 
4. Pelajari Layanan Purna Jual / Garansinya
Tentu saja anda tidak ingin barang yang baru saja anda beli rusak. Dan akan lebih menjengkelkan lagi jika anda tidak bisa mengklaim garansi atas barang anda. Pelajari dan tanyakan layanan purna jual / garansi kepada penjual anda. Bagaimana bentuk garansi yang diberikan.

Mungkin itulah sedikit informasi yang bisa saya bagi kepada anda. Bukan bermaksud menggurui, namun saya yakin jika kita mau berhati-hati, maka berbelanja online bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Jadi..masihkah kita takut berbelanja online..??