Masa Lalu, Taman Penyegar di Kala Perlu

Tidak semua masa lalu itu negatif. Bahkan masa lalu harus tetap didudukkan dalam bingkai yang tepat. Hari ini disebut hari ini, juga karena ada hari kemarin. Sebagaimana pula disebut hari esok, karena ada hari ini. Begitulah..Seluruh perjalanan hidup ini tak akan pernah sepi dari petuah, apapun bentuknya. Dari mulai sekedar kata-kata hingga berderet peristiwa. Semuanya nyata dan pasti ada manfaat dibaliknya. 

Banyak sekali manfaat dari sebuah masa lalu. Diantaranya sebagai pengingat dalam upaya kita belajar untuk menata hari ini maupun hari esok yang lebih baik. Maka, apapun warna dari masa lalu kita, dalam batas tertentu pasti ada manfaatnya. Tetapi jangan jadikan ia segala-galanya. Jadikanlah masa lalu itu laksana taman bermain bagi jiwa kita. Untuk kita bisa berwisata sejenak, mengenang seluruh perjalanan hidup yang pernah kita lewati.Untuk kemudian kembali kepada apa yang nyata di hari ini. Untuk selanjutnya kita menatap hari esok dengan lebih hati-hati.


Merenungkan masa lalu, harus diiringi dengan mambayangkan masa depan. Supaya tercapai keseimbangan yang wajar. Kita harus menumbuhkan kesadaran dari dalam diri, kesadaran bahwa segala kehidupan akan ada akhirnya. Tinggal masalahnya bagaimana akhir dari diri kita.

Maka...hidup ini pun haru berjalan diatas rel yang seimbang. Sesekali tengoklah masa lalu. Tetapi jangan sampai kita terbuai. Segeralah bangkit untuk menatap masa depan. Karena kita hanyala pejalan yang pasti akan mengakhiri perjalanannya. Entah cepat atau lambat...