Valentine's day : sebuah catatan kecil -- cmiiw...!!




Hari valentine memang selalu bikin heboh, apalagi buat para remaja. Bagaimana tidak, dihari ini, semua warga dunia-terkhusus para remaja- merasa "diwajibkan" untuk memberikan perhatian yang lebih kepada orang-orang yang dikasihinya. Pada hari ini, hari yang penuh warna pink (katanya seh..) semua orang diseluruh belahan dunia merasa terpanggil untuk menumpahkan kasih sayangnya.

Valentine's day adalah pesta remaja sedunia. masak seh? tentu saja, karena yang melakukan pasti bukan remaja-remaja disini saja. tetapi perayaan itu sudah menjadi hajatan global, yang artinya hajatan resmi di seluruh dunia. Sudah jadi pandangan umum sepertinya, kalau menjelang tanggal 14 Pebruari semua orang apalagi para remaja dibuat sibuk. Mulai dari perlengkapan untuk pesta sampai yang tidak boleh ketinggalan kado istimewa untuk sang kekasih pujaan hati. Dan bukan tidak mungkin kalau perayaan "Hari Kasih Sayang" itu akan menjadi ajang yang tidak terkendali.

Berbicara valentine, kita berbicara mengenai pengaruh budaya global. Kita pasti tahu bahwa valentine day, merupakan salah satu ekspansi budaya global, tepatnya pesta valentine day adalah bagian dari upaya globalisasi gaya hidup. Yang sayangnya globalisasi gaya hidup tersbut kita telan mentah-mentah tanpa ada penyaring apapun. yang akhirnya, banyak sekali pengaruh dari budaya global yang tidak sesuai dengan budaya kita, tanpa kita sadari kita mengikutinya.

Dalam hal valentine's day ini saya setuju saja kalau untuk mengatakan bahwa kasih sayang kepada orang-orang yang kita cintai perlu diwujudkan. namun yang kebanyakan terjadi adalah penyimpangan dari makna tersebut. Banyak remaja-remaja kita yang sepertinya terlau jauh memaknai kata-kasih " kasih dan sayang" yang maha dahsyat itu. Banyak remaja yang memanfaatkan hari valentine, dengan salah kaprah (saya yakin anda pasti mengerti maksud saya). dan sayangnya kita menganggap hal tersebut biasa.

Kalau memang maksudnya untuk memberikan perhatian dan kasih sayang,  kenapa harus menunggu hari valentine datang? toh setiap hari adalah sebuah kesempatan untuk memberikan kasih sayang kepada orang yang kita cintai,

Selamat Hari Valentine bagi anda yang merayakan.. :)