Welcome to Indonesia Google Adsense

Awal tahun 2012 ini, datang kabar gembira bagi para blogger maupun publisher dari Indonesia. Kabar gembira ini datang dari pihak Google yang menyatakan bahwa sekarang, Google Adsense telah support dengan Bahasa Indonesia. Kebijakan dari Google Adsense untuk support Bahasa Indonesia memang sudah sangat ditunggu oleh banyak pihak.
Selain memang sudah diprediksi sebelumnya mengingat bahwa Indonesia termasuk dalam 4 besar pengguna internet didunia. Hal ini tentu saja merupakan pangsa pasar yang sanggat menggiurkan bagi pihak Google. Seperti ini berita dari blog resmi Google Adsense :

AdSense now speaks Indonesian

Wednesday, February 01, 2012 | 8:00:00 AM
Labels: AdSense features , International

We’re glad to announce that Indonesian has just joined the family of AdSense supported languages. Let’s celebrate by raising our hands in a kecak dance, watching a wayang kulit show or cooking traditional Indonesian recipes.

If you have a website in Bahasa Indonesia, you'll now be able to earn money by showing Google AdSense ads. To get started, sign up for an AdSense account. We'll review your application and in the meantime, we recommend you get familiar with the basics of AdSense and our policies.

If you already have an AdSense account, simply implement AdSense on your site in Bahasa Indonesia to start displaying contextually targeted ads.

You can now also implement AdSense for Mobile content on your mobile sites in Bahasa Indonesia. Check out our Help Center to learn how to implement AdSense on a mobile site.

Selamat datang di program AdSense!

Posted by Emanuele Brandi, Product Sales Lead

Adanya kebijakan tersebut, tentu saja akan semakin memotivasi bagi seluruh publisher dari Indonesia untuk lebih memperkaya situs atau web-web mereka agar lebih berkualitas, yang akhirnya menjadikan publisher dari Indonesia semakin diakui dan diapresiasi dimata dunia.

Perlu anda ketahui Google Adsense merupakan salah satu layanan dari Google kepada kita selaku publisher untuk memperoleh penghasilan atas iklan yang terpasang/ditampilkan di situs kita. Namun tentu saja untuk menjadi publisher Google Adsense, kita harus mendaftarkan situs kita dan direview oleh pihak Google Adsense. Dan sebelumnya, kita juga pasti tahu bahwa cukup sulit bagi publisher dari Indonesia yang memiliki situs maupun blog yang berbahasa Indonesia untuk bisa terapprove oleh Google Adsense. 

Pertama, disamping karena prosesnya yang cukup sulit, dan yang kedua mungkin selama ini kita (indonesia) termasuk dalam kategori "medium click fraud" bagi pihak google. Medium Click Fraud yang mengartikan kalau masih terdapat cukup banyak kecurangan atau tindakan tidak etis lainnya yang dilakukan oleh member Google Adsense/publisher dari Indonesia. Ini dibuktikan dengan banyaknya publisher yang terkena banned dari Google Adsense beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, adanya kebijakan dari Google Adsense yang telah support Bahasa Indonesia, harus betul-betul diapresiasi dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kita selaku publisher untuk memberikan konten yang lebih berkualitas di situs kita. Hindari sikap plagiatisme maupun sikap tidak etis lainnya yang berdampak pada turunnya kredibilitas publisher Indonesia atau bahkan nama Indonesia di mata dunia.

Akhirnya... untuk Google Adsense saya hanya ingin mengucapkan...

Welcome to Indonesia and be proud to be a part of Indonesia..:)