Cegah secara tuntas penyakit varises

Penderita varises pasti sangat kesakitan bila tengah melakukan aktifitas. Juga tonjolan pembuluh darah berwarna kebiruan itu merusak keindahan kaki jenjang anda. Jadi, jangan remehkan varises. Varises terjadi karena melemahnya elastisitas dinding pembuluh darah vena, otot kaki yang terlalu tegang, kaki dan pembuluh darah bengkak. Anda mengalaminya? 

Tips berikut menyelamatkan kaki anda dari varises : 
  • Hindari pemakaian sandal atau sepatu berhak tinggi semacam stiletto terlalu lama, karena membuat kaki anda tegang. Bila harus mengenakannya, seperlunya saja dan cepat ganti dengan yang bertumit rendah. 
  • Jauhkan pakaian dalam superketat. Sebab pakaian dalam yang ekstra ketat dapat membatasi aliran darah. Ini rawan terhadap varises. 
  • Lakukan peregangan sesering mungkin. Sedikitnya setiap bangun tidur. Jika pekerjaan menuntut anda banyak berdiri atau duduk, lakukan peregangan kaki dengan memutar pergelangan berlawanan arah jarum jam. 
  • Perhatikan posisi kaki selama bekerja. Usahakan kaki anda tidak menyilang atau menekuk dalam jangka yang lama. Tujuannya agar kaki tidak menyangga berat badan. Ketika duduk lama, lepas sepatu dan usahakan telapak kaki sejajar dengan lantai. 
  • Istirahatkan kaki anda menjelang tidur. Angkat kaki lebih tinggi dari dada. 
  • Rendam kaki bergantian dalam air panas (41-43 celcius) dan air dingin.Masing-masing 15-30 detik. Agar peredaran darah lancar dan dinding pembuluh darah kuat. 
  • Olahraga teratur dengan berjalan santai, lari atau bersepeda. Jangan lupa lakukan pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga agar tidak terkena varises. 
  • Konsumsi banyak seratdan kurangi garam. Jus kombinasi dapat melancarkan sirkulasi darah, sekaligus menguatkan dinding pembuluh darah. 
  • Berhenti merokok. Zat berbahaya pada rokok membuat pembuluh darah kaku dan menyempit sehingga dinding pembuluh tidak elastis. 
  • Jika timbul komplikasi, berkonsultasilah pada dokter