Jus anggur "concord" dapat mencegah kanker payudara

Sebuah studi baru yang dilakukan University of Illinois menemukan, jus anggur ungu concord dapat mencegah kanker payudara. Sejenis senyawa alamiah didalam buah anggur concord, anthocyanis, meningkatkan aktivitas enzim yang membakar dan mendektosifikasi karsinogen dan menghambat stress oksidatif penyebab kanker. Hasil studi diterbitkan dalam journal of medicinal Foods edisi terkini.

Dalam studinya, para periset mengekspos sel – sel payudara selah pada lingkungan karsinogen, benzo(a)pyrene, yang dapat menyebabkan mata rantai yang memunculkan kakner payudara. Ketika diberi jus anggur concord, hubungan antara karsinogen dengn sel-sel DNA yang sehat terputus.


Riset terbaru ini menunjukkan, jus anggur concord berkhasiat menjaga kesehatan payudara dengan menekan stress oksidatif dan mencegah kerusakan DNA pada sel-sel yang dapat menyebabkan kanker. Atau dapat membantu memperlambat progresi kanker payudara dengan memperlambat penggandaan sel-sel kanker.

Diet kaya antioksidan alamiah ditemukan berkhasiat menurunkan resiko beberapa jenis kanker. Jus anggur yang dibuat dari anggur concord terutama kaya akan anthocyanis, antioksidan ampuh yang member warna ungu tua pada jus tersebut