Mengendalikan Kemarahan

Anjuran meluapkan kemarahan dengan memukul bantal atau karung pasir bukan hanya tidak membantu melepaskan ketegangan, tapi juga mengajarkan anda pola perilaku tidak sehat yang justru bisa meningkatkan ketegangan. Para ahli kini menemukan pola perilaku sehat yang dapat membantu anda mengurangi kemarahan dan masalah kesehatan terkait. Marah dapat menunjukkan penyakit jantung. Berikut, beberapa teknik untuk meredakan kemarahan.

Lakukan hal yang berlawanan
Dalam salah satu episode Seinfield, George mengubah hidupnya dengan melakukan segala sesuatu yang berlawanan dengan seharusnya dilakukan. Anggap saja ini sebagai pendekatan Seinfield untuk mengelola kemarahan. Salah satu cara untuk mengatasi kemarahan adalah dengan melakukan kebalikan dari hal - hal yang ingin anda lakukan.

Cari pola
Rekam semua emosi yang anda rasakan dalam sehari dan cari tahu mengapa. Cara ini dapat membantu anda mengenal keyakinan inti yang terkait dengan kemarahan yang anda rasakan.
Begitu anda mengetahui apa yang membuat anda marah, anda akan bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Olahraga
Kadang, anda harus menghadapi respons fisiologis anda terhadap kemarahan. Mengatakan diri anda untuk tenang adalah langkah terburuk yang dapat anda lakukan karena sebagai manusia. Anada diprogram untuk bertindak di saat merasa terancam. Lakukan tindakan yang tidak merusak atau tidak membuat keadaan menjadi lebih buruk, bisa dengan pergi jalan-jalan atau mencoba latihan pernafasan dalam.

Pilih kata yang cerdik
Saat anda marah hindari kata - kata yang bersifat provokatif, karena bukan hanya tidak akurat, tapi juga akan membuat andamerasa wajar untuk marah. Pernyataan - pernyataan yang bersifat provokatif juga bisa menyerang orang lain yang mungkin bisa bekerja dengan anda untuk mencari solusi.

Realistis
Pastikan semua harapan- harapan anda realistis. Jangan menyalahkan diri sendiri untuk hal - hal yang diluar kendali anda. Jangan mudah untuk menyalahkan orang lain untuk hal - hal yang berada diluar kendal mereka