Meningkatkan kekuatan otak anda

Pertambahan usia sering diikuti dengan menurunnya fungsi otak. Kita misalnya, lupa dengan detail-detail seperti nama yang sebenarnya sudah akrab, dan angka. Atau lupa dimana kita meletakkan sesuatu. Untungnya, kita dapat meningkatkankekuatan otak kita dengan melakukan latihan mental, konsumsi diet tepat dan gaya hidup sehat. Kabar baiknya adalah, para ahli menemukan, bahkan otak yang lebih tua pun dapat melahirkan sel-sel otak yang baru dan kita dapat terus belajar dan ingatan tetap tajam sampai lanjut usia. Berikut beberapa saran dari para ahli :

Makan buah berry
Bluberry dapat meremajakan otak. Cranberry dan stroberry juga mempunyai khasiat dalam upaya meningkatkan kekuatan otak anda.


Olahraga.
Latihan aerobic dapat membantu meningkatkan fungsi otak anda. Olaraga juga mendorong pelepasan endorphins yang diduga dapat mencegah depresi.


Kurangi stress
Stress melepaskan cortisol, suatu hormone yang dapat merusak pusat memori otak. Meditasi, relaksasi dan menjaga sikap mental positif bias membantu anda untuk mengurangi stress.

Konsumsi makanan kaya vitamin E
Vitamin E terdapat dalam minyak, sayuran daun hijau, dan padi-padian utuh. Makanan tersebut adalah pelindung otak yang sangat penting. Vitamin E juga dapat meningkatkan ketajaman mental anda.

Latih otak dan dapatkan kecukupan tidur anda. 
Sisihkan kalkulator dan hitung angka-angka diluar kepala anda. Sedangkan orang – orang yang kurang tidur mendapat angka yang 30% lebih rendah pada tes ingatan. Kebanyakan orang perlu tidur 8 sampai 8,5 jam setiap malam.