Saat hidup tak seindah yang dibayangkan

Hal yang pasti tidak akan luput dari hidup kita sehari hari adlah apa yang disebut dengan "masalah" atau persoalan hidup. Dimanapun, kapanpun, apapun dan dengan siapapun, semua memungkinkan munculnya masalah.

Namun andaikata kita cermati dengan seksama ternyata dengan persoalan yang persis sama, sikap orang pun akan berbeda-beda. Ada yang begitu panik, goyah, kalut dan bahkan stress. Tetapi ada pula yang menghadapinya secara mantap, tenang, dan bahkan mungkin malah bisa menikmatinya.

Hal ini berarti bahwa, masalah, problem atau apapun namanya, sesungguhnya bukan terletak kepada persoalan atau masalahnya. akan tetapi l ebih kepada sikap dalam menghadapi persoalan tersebut.


Oleh karena itu, siapapun yang igin menikmati hidup ini dengan baik, benar atau bahkan ingin bahagia, mutlak bagi dirinya untuk meningkatkan ilmu dan ketrampilan dalam menghadapi beraneka ragam persoalan atau masalah, yang pasti akan terus meningkat kuantitas dan kualitas seiring dengan pertambahan umur, tuntutan, harapan, kebutuhan, cita-cita serta tanggung jawab.

Namun begitu pula, kelalaian kita dalam menyadari pentingnya bersungguh-sungguh mencara ilmu mengenai cara menghadapi hidup ini, ditambah dengan kemalasan kita dalam melatih dan mengevaluasi ketrampilan kita dalam menghadapi persoalan hidup, berarti akan membuat hidup ini hanyalh sekedar perpindahan kesengsaraan, penderitaan, kepahitan dan tentu saja kehinaan yang bertubi-tubi.

Semoga kita tidak termasuk golongan yang merugi