Mempertahankan pelanggan – bagian 2

Bagi anda yang mempunyai kegiatan usaha atau apapun usaha yang tengah anda jalankan, ada cara sederhana namun efektif.
Yakni bagaimana mempertahankan konsumen agar selalu memberikan uang kepada kita. Prinsipnya sederhana, yaitu “Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Bagi Konsumen”. Berikut tips yang mungkin berguna untuk anda :

1. Sapalah konsumen dengan baik.
Maksudnya adalah, ketika konsumen datang ke tempat kita, sambutlah dengan senyum, sedapat mungkin ucapkan salam. Point pertama sudah kita dapatan berupa kesan “ramah”

2. Tanyakan apa keperluannya

Kita harus pro aktif menanyaakan terlebih dahulu apa keperluan konsumen dengan ucapan, misalnya “ada yang perlu saya bantu?”

3. Berikan kualitas yang terbaik
Setiap produk yang kita berikan haruslah yang terbaik. Jangan sekali-kali memberika kepada konsumen asal-asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan terhadap produk / layanan yang kita jual.


4. Berikan harga yang wajar
Pada tingkat persaingan yang ketat, harga suatu produk atau layanan akan sangat menentukan. Untuk membeli sesuatu, konsumen biasanya memilih-milih tempat mana yang lebih murah harganya. Berikanlah merekan harga yang wajar tetapi tetap dibarengi dengan kualitas yang baik. Biasanya konsumen akan balik lagi ke tempat kita

5. Tepati janji
Upayakan setiap janji yang kita berikan kepada konsumen untuk selalu ditepati. Jangan sekali-kali kita memberikan janji kepada konsumen kalau memang kita tidak bisa memenuhinya. Hindari jangan sampai konsumen bolak-balik ketempat kita hanya karena janji yang tidak bisa kita tepati. Ingatlah waktu, dan uang mereka sudah terbuang sia-sia gara-gara janji kita yang tidak tepat. Konsumen akan sangat kecewa dan pindah ke tempat lain. Ujung-ujungnya yang rugi tentu saja kita sendiri, kehilangan konsumen potensial.

6. Ciptakan kekeluargaan
Pada saat kita tengah memberikan pelayanan, jangan cenferung fokus pada hasil penjualan akhir saja. Maksud saya, pada saat proses pemberian pelayanan berlangsung, kita jangan bersikap monoton. Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan kekelurgaan.

7. Ciptakan ikatan psikologis
Hal ini dapat dilakukan apabila kita sudah bisa menciptakan ikatan kekeluargaan dengan konssumen. Untuk menciptakan ikatan batin, bisa kita lakukan dengan cara memberikan ucapan pada momen-momen tertentu, misalnya ucapan selamat hari raya dan sebagainya. Cukup dengan cara kirim sms. Kiat ini cukup ampuh karena konsumen akan merasa diperhatikan. Nah kalau ikatan batin sudah terbentuk sulit bagi konsumen untuk pindah ketempat yang lain.

Mungkin tujuh tips diatas dapat kita lakukan demi mempertahankan pelanggan. Yakinlah bahwa jika kita bisa mempertahankan proses diatas, bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan pelanggan yang loyal. Karena pelanggan yang loyal tentu saja pelangaan yang sangat potensial.  Memang sangat sederhana sekali, namun hasilnya akan sangat bagi sekali bagi roda usaha kita yang mana tentu saja kita ingin agar usaha kita bisa tetap eksis dan bertahan sekalipun diterpa gelombang krisis ekonomi. Nah bagaimana dengan anda..??

Semoga bermanfaat.