Saat Bisnis Diambang Kebangkrutan - Bagian 1

Dalam dunia bisnis, ancaman kebangkrutan adalah hal yang lumrah. Sebuah konskekuensi logis bagi setiap pemilik bisnis. Siklus bisnis pun layaknya roda yang berputar. Kadang diatas, namun sekali waktu juga ada dibawah.

Tak ada yang abadi menempati puncak kejayaan. Jika demikian, apapun kondisi bisnis anda saat ini, stabil atau menuju kebangkrutan alias surut, rasakan saja sebagai hal yang biasa. Mental anda harus tetap terjaga. Persiapkan mental disaat anda merengkuh kesuksesan, namun juga dikala ancaman kebangkrutan melanda. Kesuksesan diraih, tetapi mental tidak siap untuk menerimanya pun percuma saja. Terlebih disaat tanda-tanda bisnis mulai surut. Kekuatan mental anda akan diuji lebih kuat lagi. Tak jarang anda akan dibuat panik atau kelimpungan menghadapi situasi bisnis yang carut marut. 

Nah, kebanyakan pebisnis akan mengalami kepanikan yang hebat tatkala bisnisnya diambang kebangkrutan. Apalagi bagi yang menjalankan roda bisnisnya tidak memiliki planing yang tepat. Berlanjut pada tidak atau belum adanya kesiapan seandainya menghadapi situasi yang terburuk. Pun tak ada nya langkah-langkah penyelamatan ini, semakin memperburuk keadaan. Sebaliknya, jika seorang pengusaha meletakkan roda bisnisnya dalam kerangka perencanaan yang matang dan mampu melewati masa-masa sulit dengan kegigihan, pantang menyerah, maka ia layak disebut pengusaha atau enterpreneur sejati.

Maka, pada saat anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, lengkapi diri anda dengan ilmu tentang dunia usaha sebaik mungkin. Banyak referensi yang dapat anda peroleh, mulai dari membaca buku, mengikuti seminar, mendengarkan talk show bisnis, hingga berguru langsung kepada pelaku usaha yang telah berpengalaman.

Salah satu ilmu yang juga penting untuk dikuasai ialah bagaimana menghadapi situasi terburuk dari perjalanan bisnis anda. Bisnis yang terancam bangkrut. Ini penting lantaran banyak dari pengusaha yang terkadang belum siap mental bila bisnisnya terancam bangkrut. Malah ada diantara mereka yang bingung untuk menyikapinya. Lantas mereka dirundung kesedihan dan keputusasaan. 

Lalu, langkah apa yang bisa dilakukan saat bisnis anda diambang kebangkrutan..? Mengenai langkahnya insya allah akan coba saya uraikan di artikel berikutnya. :)